TELP/SMS/WA: 0896 3335 6669
Line: kusumatour
BBM: D112EA8D
09:00 AM - 08:00 PM (WIB)

Wisata Sejarah Bali Tampak Siring dan Goa Gajah

22 Oktober 2012

Bagikan ya :
Salah satu situs peninggalan sejarah yang bisa Anda kunjungi ketika melakukan wisata Bali adalah Tampak Siring dan Goa Gajah. Tempat seperti apa itu? Mungkin Anda jarang mendengar nama tempat tersebut, khususnya yang belum pernah ke Bali. Tampak Siring sendiri merupakan kecamatan di daerah Gianyar dan dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan di Bali, terdapat juga hingga sekarang Istana Kepresidenan atas titah Soekarno. Sedangkan Goa Gajah adalah objek wisata Bali yang adalah peninggalan sejarah di Nusantara berupa Pura yang menyerupai gajah. Berikut ulasannya.

wisata bali tampak siring

wisata bali tampak siring

wisata bali tampak siring

Wisata Bali Tampak Siring
Salah satu wisata sejarah yang bisa kita lakukan adalah mengunjungi Istana Tampak Siring yang merupakan peninggalan Kerajaan Gianyar di tampak siring, Gianyar. Istana Kepresiden ini dibangun secara bertahap di Istana Tampak Siring yakni dimulai dari Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira pada tahun 1957. Kemudian, pada tahun 2003 dalam rangka KTT ASEAN XIV yang diselenggarakan di Bali, sebuah gedung baru untuk Konferensi dibangun dengan fasilitasnya dan merenovasi Balai Wantilan juga. Arsitek Istana Kepresiden Tampak Siring ini adalah R.M. Soedarsono dan istana ini merupakan istana satu-satunya yang dibangun pada masa pemerintahan Indonesia.

wisata bali goa gajahSekarang Anda yang berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampak Siring bisa dengan leluasanya mengunjunginya dalam rangka kepariwisataan karena daerah ini telah dilengkapi pintu sendiri yang disambut juga dengan Candi Bentar, Koro Agung, lapangan parkir dan Balai Bengong.

Di tampak siring juga terdapat Pura dan sebuah mata air suci yang dialirkan ke beberapa lubang dan diyakini aliran mata air ini dapat membersihkan jiwa dan mengabulkan permintaan yang tulus. Masyarakat Bali biasa menyebutnya dengan Tirtha Empul.

wisata bali tampak siring

wisata bali goa gajah

Wisata Bali Pura Goa Gajah
Kata Goa Gajah sendiri berasal dari kata Lwa Gajah pada tahun 1365 M dan dibangun sekitar abad ke-11. Pura ini baru ditemukan kembali pada tahun 1923 karena pernah tertimbun tanah. Di dalam Pura Goa Gajah terdapat banyak peninggalan masa lalu seperti Patung Tri Lingga yang dipercaya sebagai lambang kesuburan oleh masyarakat setempat dan Patung Ganesha sebagai lambang ilmu pengetahuan.

wisata bali goa gajah

wisata bali goa gajah

wisata bali goa gajah
Lorong Goa Gajah ini berbentuk huruf T dan Anda akan melihat keindahan Pura Goa Gajah ketika berada dari ketinggian karena posisinya memang di bawah. Lokasi Pura Goa Gajah ini ada di Desa Bedulu, Gianyar. Anda pun bisa melihat keindahan persawahan dan Sungai Petanu di sekitarnya. Sebagai informasi, ketika akan memasuki Pura Goa Gajah, Anda diharuskan mengenakan selendang yang akan diberikan di loket.
Bagikan ya :

1 komentar:

  1. Saya senang kesini karena udara yang sejuk..biasa saya kesini untuk sembahyang dan melukat.terima kasih atas informasinya

    BalasHapus