TELP/WA: +6281 797 557 91
Email: kusumatour@ymail.com
09:00 AM - 08:00 PM (WIB)

Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

12 Maret 2014

Bagikan ya :
Tempat Wisata di Bali
Tempat Wisata Bali - Siapa yang tidak kenal Bali? Reputasi sebuah pulau kecil milik Indonesia ini sudah tersebar hingga ke seluruh dunia sebagai salah satu tujuan wisata favorit. Nama Bali bahkan lebih dikenal dunia daripada nama Indonesia itu sendiri. Lalu apa yang menjadikan wisata Bali begitu terkenal? Tidak lain adalah pemandangan alam yang indah yang dipadu dengan unsur budaya lokal yang sangat kuat. Untuk sebuah pulau kecil yang berukuran sekitar 5.780 km2, Bali memiliki cukup banyak potensi wisata alam. Mulai dari pantai, danau, hingga nuansa pegunungan dapat kita nikmati di Bali. Berikut Kusuma Tour sajikan tempat wisata di Bali yang layak untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata Pantai di Bali
Sampai sekarang Bali masih identik dengan wisata pantainya.Daya tarik wisata pantai di Bali adalah keindahan pantai pasir putih dan ombak yang bersahabat. Selain itu wistawan juga dapat menimkati keindahan sunrise atau sunset yang sayang untuk dilewatkan. Bagi turis asing, sinar matahari tropis menjadi daya tarik tersendiri. Sudah biasa jika kita berkunjung ke pantai di Bali kita akan melihat banyak sekali wisatawan mancanegara sedang berjemur “menggosongkan” kulit mereka di pantai. Ada beberapa pantai lainnya yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi, yaitu:

1. Pantai Padang Padang
Pantai Padang-padang sebetulnya mulai dikenal masyarakat Indonesia dan khusunya di Bali, setelah pantai padang-padang terekspos saat pembuatan film yang sangat terkenal yaitu Pray Eat Love yang telah memenangkan piala Oscar (piala paling bergengsi di dunia per-filman dunia), dimana film ini dibintangi oleh Julia Roberts, Elizabeth Gilbert dan juga aktris kawakan Indonesia yaitu Christine Hakim.

tempat wisata bali

tempat wisata bali
Pantai yang berpasir putih masih alami, dan untuk memasuki pantai ini, Anda harus melalui lubang goa yang sangat kecil dan gelap (agak sedikit menakutkan), namun setelah keluar dari goa, mata Anda akan tersilaukan oleh cerahnya dan kemilau pasir dan air pantai tersebut.

2. Pantai Lovina
Pantai indah ini terletak di sisi utara Pulau Bali. Pantai di Kabupaten Buleleng ini sedikit berbeda dari pantai-pantai lainnya di Bali. Selain letaknya yang menghadap ke utara. Pantai Lovina memiliki pasir gelap dan cenderung berwana hitam.

tempat wisata bali
Hal yang paling menarik dari Pantai Lovina adalah atraksi lumba-lumba. Meskipun tidak setiap saat ada, atraksi lumba-lumba ini tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menyewa kapal nelayan setempat dan kemudian menuju tengah laut untuk “bermain” bersama lumba-lumba.

3. Pantai Dreamland
Sesuai dengan namanya, Pantai Dreamleand adalah pantai yang indah dengan garis pantai mebentang cukup luas. Pasir putih serta ombak sedangnya menjadi daya tarik pantai ini. Pantai ini menjadi favorit wisatawan yang gemar dengan olahraga surfing. Kondisi ombak dan pantainya sangat ideal untuk olahraga menantang yang satu ini.

tempat wisata bali
Di sini Anda juga dapat menjumpai beberapa sekolah surfing dari yang biasa hingga yang bersertifikat internasional. Pantai ini satu-satunya pantai yang menerapkan hukum international, jadi jangan heran jika Anda akan melihat wisatawan telanjang disini.

4. Pantai Nusa Dua
Pantai yang sudah terkenal ini merupakan pantai idaman untuk para wisatawan yang menginginkan pantai pasir putih yang tenang tanpa hiruk pikuk. Tidak mengherankan jika banyak hotel-hotel eksklusif berbintang lima ke atas berada di sejajaran pantai nusa dua.

tempat wisata bali
Namun tidak semua kawasan pantai di nusa dua, tidak boleh dikunjungi oleh masyarakat umum, ada beberapa kawasan dimana kita masih bisa menikmati indahnya pantai nusa dua. Di dekat pantai terdapat juga objek wisata Bali lainnya yaitu water blow, dimana air laut menabrak batu karang secara keras sehingga menciptakan sebuah ledakan, berani mencoba?

5. Pantai Kuta
Pantai yang satu mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, karena kesohorannya sudah mendengung ke seantero dunia. Pantai yang sudah dikunjungi wisatawan pada tahun 1960 ini sempat mengalami masa menyedihkan pada tahun 2002 dan 2005, karena serangan bom. Namun kembali menunjukkan pesonanya kembali dengan berbagai pembangunan kembali dari pemerintah, hiburan baru dan layanan semakin baik dari lokasi setempat.

wisata bali pantai kuta
Selain menikmati pantai dan indahnya sunset pada sore hari, di sepanjang jalan pantai kuta ada berbagai macam restaurant, bar, cafe, hotel dan tempat belanja yang keren seperti Beachwalk Mall kuta Bali.

6. Pantai Sanur
Pantai yang berada di sebelah timur kota denpasar ini memberikan suasana pantai yang berbeda dengan pantai yang ada di sekitaran selatan denpasar (nusa dua, kuta, seminyak dll).

tempat wisata bali
Kawasan pantai yang ramai dikunjungi penduduk lokal ini, merupakan salah satu tujuan favorit masyarakat daerah kota denpasar dan sekitarnya. Disini pagi-pagi, Anda bisa menikmati indahnya sunrise sambil bermain canoe.

7. Pantai Jimbaran
Pantai jimbaran juga berpasir putih seperti kebanyakan pantai-pantai yang ada di bali, selain pantai yang indah di pantai jimbaran juga kita bisa melihat kegiatan para nelayan mencari dan mengumpulkan ikan.

Wisata Spesial di Bali
Di kawasan ini juga banyak ditemukan cafe-cafe yang menghidangkan masakan berbagai olahan dari hasil laut (seafood). Pantai ini sungguh cocok sekali dengan mengajak pasangan Anda untuk menikmati makan malam yang romantis ditemani lilin kecil sambil melihat sang surya tenggelam di paraduannya.

8. Pantai Pandawa
Objek wisata pantai baru ini sedang naik daun menyita perhatian masyarakat dan ramai dibicarakan juga dikunjungi, karena keindahan pantainya dan akses menuju kesana yang terbilang luar biasa cerdas dan berani.

tempat wisata bali

tempat wisata bali

tempat wisata bali
Pada dasarnya lokasi pantai ini berada tersembunyi di belakang sebuah bukit batu karang, lalu para investor mencoba "membelah" bukit tersebut dan sukses memunculkan pantai yang selama ini belum tersentuh, termasuk masyarakat Bali sendiri.

Ada masih banyak pantai di Bali seperti pantai blue point, pantai virgin beach, pantai suluban, pantai double six, dll.

Tempat Wisata Pegunungan dan Danau di Bali
Jika Anda tidak terlalu suka dengan pantai atau laut dan Anda menyukai tempat yang lebih sepi, tidak perlu khawatir. Bali juga memiliki wisata pegunungan yang tidak kalah indah dibandingkan wisata pantai dan lautnya. Berikut rekomendasi wisata pegunungan di Bali yang harus Anda kunjungi:

1. Kintamani
Daerah Kintamani identik dengan Gunung dan Danau Batur. Kintamani ini menyimpan daya tarik alam pegunungan yang sejuk dan indah. Cobalah untuk mengunjungi Desa Penelokan. Di desa ini Anda berada pada titik yang paling ideal untuk menikmati keindahan Danau dan Gunung Batur.

wisata bali trunyan
Di desa ini terdapat berbagai macam tempat makan. Anda dapat duduk menikmati hidangan khas Bali sambil menatap keindahan alam di depan mata Anda.

2. Bedugul
Bedugul terletak di sebelah barat Kintamani. Secara garis besar pemandangan yang disuguhkan sama dengan yang ada di Kintamani, yaitu berupa danau dengan landscape gunung-gunung vulkanik. Di Bedugul terdapat Danau Bertan. Danau ini lebih kecil dari Danau Batur namun tidak kalah indah. Di danau ini Anda dapat menikmati berbagai olahraga air atau sekedar duduk di restauran di pinggir danau sambil menyantap hidangan yang menggoyang lidah.

wisata bali danau beratan bedugul

wisata bali kebun raya bedugul

wisata bali kebun raya bedugul
Di bedugul juga terdapat kebun raya bedugul (botanical garden), dan jika meneruskan perjalanan ke utara maka Anda kan menemukan air tejun Gitgit yang merupakan air terjun tertinggi di Bali.

Tempat Wisata Budaya di Bali
1. Tampak Siring
Tempat yang merupakan salah satu tempat peristirahatan Persiden pertama Ir. Soekarno ini, sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Selain Istana Presiden, di tampak siring ini juga terdapat Pura Luhur Tirta Empul.

wisata bali tampak siring

wisata bali goa gajah
Pura ini terkenal akan sumber airnya yang dipercaya oleh masyrakat Bali dapat memberikan keberuntungan dalam kesehatan, rejeki, jodoh dll. Namun pura ini dibuka untuk umum hanya di kawasan pelukatan (pemandian), jadi semua orang boleh merasakan berkat dari air suci ini.

2. Pura Suci Tanah Lot
Salah satu icon wisata bali ini merupakan kawasan Pura luhur suci yang letaknya berada di pinggir laut, di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

wisata bali tanah lot

wisata bali tanah lot
Obyek wisata tanah lot yang terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, bisa ditemukan ular suci yang menurut cerita ular tersebut merupakan selendang dari seorang brahmana pengembara yang bernama Danghyang Nirartha. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra.

3. Pura Suci Uluwatu
Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Di kawasan pura ini merupakan markas kawanan sekelompok monyet, jadi harus berhati-hati jika membawa sesuatu, karena monnyet disini sudah ahli mencopet hehehe.

wisata bali pura uluwatu

wisata bali pura uluwatu
Pada sore hari menuju petang jam 6, selalu diadakan pertunjukkan tari kecak di ujung tebing. Pertunjukan kecak ini sungguh amat sangat DIREKOMENDASI, selain tariannya bagus, aksi para pengecak atraktif, juga pertunjukkan Hanoman (dewa monyet putih) bermain-main dengan api ditambah lagi dengan susana sunset, membuat pertunjukkan ini sungguh sangat bisa menggugah hati perasaan para penikmatnya.

wisata bali pura uluwatu
Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, bahkan even internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.

4. GWK (Garuda Wisnu Kencana)
Kawasan yang berada di jalur perbuktian ini merupakan tempat yang tidak akan terlewatkan oleh para pengunjung di pulau Bali. Kawasan dengan nama Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ini merupakan sebuah mega proyek untuk dijadikan landamark atau maskot pulau Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter. Direncanakan akan dibuat patung paling tertinggi melebihi tinggi patung Liberty di Amerika dan patung Penebus Dosa di Rio De Jeneiro, namun terhambat masalah yang cukup pelik dan sangat rumit antara pihak pemerintah dengan pihak investor.

GWK Bali

GWK Bali
Walaupun proyek ini belum selesai, disini Anda bisa menemukan bagian-bagian patung yang terdiri dari 3 bagian, yang pertama bagian Kepala dan setengah Badan Dewa Wisnu, kedua kepala Garuda dan ketiga bagian kedua tangan Dewa Wisnu.

5. Desa Trunyan
Jika Anda seorang pemberani, Anda wajib mengunjungi desa trunyan yang berada di daerah kintamani dekat danau batur. Di desa trunyan terdapat pemakaman atau sema suku bali asli (bali aga) yang unik, karena jenazah hanya digeletakkan di atas tanah dan hanya dipagari bambu anyam.

wisata bali trunyan
Uniknya mayat-mayat tersebut tidak mengeluarkan bau, penjelasan mengapa mayat yang diletakan dengan rapi di sema itu tidak menimbulkan bau padahal secara alamiah tetap terjadi penguraian atas mayat-mayat tersebut, hal ini disebabkan karena pohon Taru Menyan yang bisa mengeluarkan bau harum dan mampu menetralisir bau busuk mayat. Taru berarti pohon, sedang Menyan berarti harum. Pohon Taru Menyan ini, hanya tumbuh di daerah ini. Jadilah Tarumenyan yang kemudian lebih dikenal sebagai Terunyan yang diyakini sebagai asal usul nama desa tersebut.

6. Goa Gajah
Goa Gajah adalah gua yang berfungsi seperti tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar. UNESCO mencatat goa ini sebagai warisan dunia dalam daftar tentatif (menunggu kepastian) pada tanggal 19 Oktober 1995 dalam bidang kebudayaan.

wisata bali goa gajah
Di dekat goa gajah terdapat tempat Petirtaan dimana dibawahnya ada sebuah kolam dengan beberapa ikan berwarna hitam dalam ukuran besar. Di dalam goa gajah terdapat banyak peninggalan masa lau seperti patung Tri Lingga sebagai lambang kesuburan dan patung Ganesha sebagai lambang ilmu pengetahuan.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak tempat berbudaya yang bisa Anda kunjungi seperti Secret Monkey Forest, tirta gangga, sangeh, alas kedaton, taman ayun, taman ujung, desa ubud, pura goa lawah (kelelawar), berbagai museum di Bali dan masih banyak lainnya. Untuk selengkap-lengkapnya info wisata di Bali, Anda bisa baca di www.wisatabali.info.

Tempat Wisata Fauna di Bali
1. Bali Bird Park
2. Kebun Binatang Bali Zoo
3. Taman Safari Marine Park Bali dll.

Tempat Wisata Belanja di Bali
1. Pasar Sukawati
2. Pasar Seni Kuta
3. Pasar Seni Legian
4. Joger
5. Krisna Bali dll.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Bali yang kami rekomendasikan untuk Anda. Untuk lebih lengkap tentang info semua tempat wisata di Bali, Anda bisa kunjungi www.wisatabali.info.
Bagikan ya :

4 komentar:

  1. wah mantappp lengkap bgt... thankss brooo :D

    BalasHapus
  2. Berlibur ke bali memang gak ada bosennya. ada banyak sekali tempat wisata menarik di bali... mantep deh...

    BalasHapus
  3. foto pura tanah lotnya keren banget, jadi pengen kesana.

    BalasHapus